Alat Ukur Tinggi Badan Menggunakan Sensor Ultrasonik

January 4, 2010 at 1:30 pm 12 comments

halaman ini sengaja dibuat untuk rekan saya yang sedang mengerjakan Tugas Akhir kuliahnya:mrgreen:

  • ABSTRAK

Perancangan tugas akhir ini meliputi tahap perancangan dan realisasi alat ukur tinggi badan yang berbasis mikrokontroler ATMega 8535. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk mengurangi faktor kesalahan manusia dalam melakukan pengukuran dan menghemat waktu dalam proses pengukuran.

Secara garis besar alat ini terdiri dari 4 buah subsistem. Subsistem tersebut adalah subsistem sensor, subsistem pengolahan data, subsistem tampilan, dan subsistem catu daya. Susbsistem sensor menggunakan sensor ultrasonik untuk mendeteksi objek, yaitu pasien PUSKESMAS yang akan diukur tinggi badannya. Subsistem pengolahan data menggunakan mikrokontroler ATMega 8535 yang berfungsi untuk menerima input data dari sensor ultrasonik yang besaran digital. Data digital tersebut kemudian diolah dan ditampilkan melalui subsistem tampilan yang menggunakan layar LCD dengan karakter 2 x 16. Subsistem catu daya merupakan subsistem yang memberikan daya untuk seluruh subsistem.

Berdasarkan hasil pengujian secara keseluruhan, alat ukur tinggi badan ini dapat berfungsi dengan baik, indikasinya antara lain sensor ultrasonik dapat mendeteksi adanya objek berupa badan dan LCD dapat menampilkan tinggi yang terukur sesuai dengan tinggi sebenarnya. Perangkat keras dan perangkat lunak terintegrasi dengan baik ketika dilakukan pengujian fungsional sistem secara keseluruhan.

Kata Kunci :   Alat ukur tinggi badan, sensor ultrasonik, mikrokontroler ATMega 8535, LCD display.


  • BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Alat ukur merupakan suatu alat yang dapat digunakan oleh manusia untuk membantu dalam proses penentuan parameter. Terdapat berbagai macam alat ukur yang telah ada saat ini. Salah satu alat ukur tersebut ialah alat ukur tinggi untuk mengukur ketinggian suatu objek. Kebanyakan alat ukur tinggi yang digunakan saat ini ialah alat ukur tinggi analog.

Alat ukur tinggi badan yang biasa digunakan untuk mengukur tinggi badan ialah dengan menggunakan alat ukur tinggi analog yang penggunaannya secara manual, yaitu dengan membaca tinggi terukur yang tertera di dinding. Seseorang yang akan diukur tinggi badannya memerlukan bantuan orang lain dalam melakukan pengukuran. Hal ini memungkinkan terjadinya kesalahan pengukuran karena faktor kesalahan manusia.

Dengan kemajuan teknologi di bidang elektronika, maka pada saat ini dunia elektronika memanfaatkan sistem yang berbasis mikrokontroler. Sistem yang berbasis mikrokontroler telah dinilai sebagai suatu alternatif lain yang memiliki kemampuan yang diperlukan oleh suatu sistem yang rumit. Sehingga sistem yang berbasis mikrokontroler merupakan sistem yang mempunyai efisiensi dan efektivitas yang tinggi.

Begitu juga dalam perancangan alat ukur tinggi ini, penggunaan mikrokontroler sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari alat ukur tinggi badan tersebut. Dalam memproses data input, mikrokontroler membantu menyederhanakan rangkaian yang kompleks karena dalam mikrokontroler telah terdapat berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kerumitan dari rangkaian itu sendiri.

Dilatarbelakangi kenyataan di atas, di dalam tugas akhir ini dirancang sebuah alat ukur tinggi badan digital yang menggunakan sensor ultrasonik berbasiskan mikrokontroler ATMega 8535. Tinggi yang terukur dapat dilihat hasilnya melalui layar LCD. Diharapkan dengan alat ukur tinggi ini akan mengurangi kesalahan pengukuran dan dapat memudahkan untuk mengetahui tinggi badan.

1.2 Tujuan Tugas Akhir

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengukur tinggi badan dengan menggunakan sensor ultrasonik yang ditampilkan melalui layar LCD dan untuk mengurangi kesalahan manusia dalam pengukuran.

1.3 Identifikasi Masalah

Pada tugas akhir ini penulis merancang dan mengimplementasikan perangkat keras dan perangkat lunak. Sistem perangkat keras terdiri dari subsistem sensor, subsistem pengolahan data, subsistem tampilan, dan subsistem catu daya.

Subsistem sensor terdiri dari satu buah sensor ultrasonik untuk mendeteksi adanya objek berupa badan yang akan diukur tingginya.

Subsistem pengolahan data menggunakan mikrokontroler produksi ATMEL dengan tipe ATMega 8535, mikrokontroler ini dipilih karena beberapa pertimbangan diantaranya :

  • Sistem mikroprosesor 8 bit berbasis RISC dengan kecepatan maksimal 16 MHz.
  • Kapabilitas memori flash 8 KB, SRAM sebesar 512 byte, dan EEPROM sebesar 512 byte.
  • ADC internal dengan fidelitas 10 bit sebanyak 8 saluran.
  • Komponen ini dipilih karena selain harganya murah juga kemudahan dalam proses pengisian program karena proses pengisian program dapat secara langsung pada mikrokontroler yang sedang terpasang di rangkaian aplikasi.

Subsistem tampilan menggunakan LCD (Liquid Crystal Display) karakter 2 x 16 untuk menampilkan tinggi yang terukur.

Subsistem catu daya yang dihasilkan adalah 5 volt DC untuk sensor, mikrokontroler, dan display LCD.

1.4 Batasan Masalah

Besarnya ruang lingkup penelitian pada bidang ini memerlukan adanya batasan masalah pada tugas akhir ini, meliputi:

  1. Sensor ultrasonik digunakan sebagai sensor utama pada perancangan alat ukur tinggi badan. Jarak pancar yang digunakan hanya 2 cm sampai dengan 300 cm.
  2. Tinggi yang dapat terukur oleh alat yang telah dirancang adalah 200 cm.
  3. Output tinggi ditampilkan melalui display LCD (Liquid Crystal Display) yang sebelumnya telah disimpan/ditulis terlebih dahulu ke dalam mikrokontroler ATMega 8535 dalam bentuk bahasa C.

1.5 Metoda Penelitian

Adapun metoda penelitian yang telah dilakukan ialah :

  1. Studi literatur mengenai sistem perangkat keras dan perangkat lunak.
  2. Perancangan sistem meliputi perancangan perangkat keras dan perangkat lunak.
  3. Realisasi perancangan sistem serta integrasi antara perangkat keras dan perangkat lunak.
  4. Pengujian dan analisa sistem meliputi pengujian sensor ultrasonik dan pengujian fungsional alat ukur tinggi badan.
  5. Mengambil kesimpulan berdasarkan hasil analisa yang kemudian dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk pengembangan tahap selanjutnya.

1.6 Sistematika Penulisan Laporan

Dalam penulisan laporan tugas akhir ini, penulis membuat sistematika penulisan dengan membagi beberapa bab dan sub bab dengan tujuan agar laporan dapat lebih terarah dan mudah untuk dipahami.

Adapun sistematikanya adalah sebagai berikut :

BAB I       PENDAHULUAN

Pada bab ini dijelaskan mengenai dasar yang melatar belakangi penulis untuk melakukan tugas akhir, tujuan tugas akhir, pembatasan masalah, metoda penelitian, dan sistematika penulisan laporan.

BAB II     TEORI DASAR

Menjelaskan tentang teori-teori dasar yang mendukung perancangan khususnya teori tentang sensor ultrasonik, mikrokontroler ATMega 8535, LCD (Liquid Crystal Display).

BAB III    PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PERAGNKAT KERAS

Bab ini berisi tentang perancangan dan implementasi perangkat keras dari sistem alat ukur tinggi badan.

BAB IV    PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK

Bab ini berisi tentang perancangan dan implementasi perangkat lunak dari sistem alat ukur tinggi badan.

BAB V     PENGUJIAN DAN ANALISA

Bab ini berisi hasil pengujian dan analisa dari sensor yang digunakan serta integrasi sistem secara keseluruhan.

BAB VI    KESIMPULAN DAN TINDAK LANJUT

Berisi tentang kesimpulan yang diambil dari hasil pengujian dan analisa serta rencana tindak lanjut untuk pengembangan selanjutnya.

download link:

Entry filed under: Electro, Computer & Internet. Tags: , , , , , , .

Jaringan LAN, MAN, WAN Quality Control Supervisor

12 Comments Add your own

  • 1. satsukenews  |  April 9, 2010 at 11:50 pm

    wah info baru yang sangat menarik terima kasih ya

    cara meninggikan badan

    Reply
  • 2. rin  |  July 25, 2010 at 4:41 pm

    cara kerjanya gimana?? kl boleh tau gambar rangkaianya donk pengen coba buat soalnya

    Reply
  • 3. Robi Saputra  |  August 22, 2010 at 12:15 pm

    pahlawan kebenaran bisa g aku minta data tugas akhir kmu,masalah aku terkendala dengan TAku .klw ya kirim j ke emailku y.makasih

    Reply
  • 4. izoel  |  October 9, 2010 at 4:28 pm

    boleh tau berapa budget yang diperlukan untuk membuat ini? saya cukup tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut, mohon informasinya.. thanks

    Reply
  • 5. Yudi  |  October 14, 2010 at 9:55 am

    Mas… Aku boleh minta filenya enggak? Sekalian sm contoh programnya ya Mas. Mau pakai belajar Mas? Makasih ya mas…
    Salam…

    Reply
  • 6. Yudi  |  October 14, 2010 at 9:56 am

    Mas Aku boleh minta filenya enggak mas? Kalau bisa sama contoh programnya mas. Mau pakai belajar soalnya mas. Makasih ya mas.

    Reply
    • 7. misnawati  |  February 12, 2011 at 8:15 pm

      ass ww

      mas boleh saya juga minta filenya dan sekaligus program nya saya tertarik untuk belajar lebih lanjut, makasi ya mas

      Reply
  • 8. gesta  |  February 23, 2011 at 11:48 pm

    Mas aq lagi mau ngerjain TA ni… tentang pengukur tinggi badan n berat badan sekaligus. Kebetulan ini sesuai dengan TA saya. Tolong mas bisa kirimkan skema rangkaianya k.email saya sebagai referensi..Trimakasih.

    Reply
  • 9. kupicino  |  March 6, 2011 at 3:41 am

    maaf semuanya baru bs bales, ini jg br plng ke kampung halaman stelah hampir setahun dinas di papua sana🙂

    untuk file2nya udah ga ada coz ini bukan TA pribadi, dulu bikin alat itu cm sekedar bantuin temen yg ga lulus2 kuliahnya..hehe

    Reply
  • 10. joni  |  April 19, 2011 at 4:25 pm

    yang berbasiskan pc ada ngk bos..??
    memanfaatkan port paralel dan visual basic 6.0

    Reply
  • 11. Anonymous  |  June 12, 2011 at 10:25 am

    Mohon penjelasan apakah alat ukur ini dapat pula memberikan info sekaligus berat selain panjang ( tinggi )
    Bila tidak apa ada alat ukur sensor yang out putnya panjang dan berat ?

    Reply
  • 12. Anonymous  |  July 15, 2011 at 10:54 pm

    wahh …. makasiih bngt lhoo …. neg bisa que kirimin programnya n rangkaiannya …

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Superhero of The Year

Recent post

Categories

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers


%d bloggers like this: